gravatar

Hafidz

Hafidz

Recently Published

Eliminasi Gauss
Eliminasi Gauss merupakan sebuah cara untuk mencari penyelesaian sistem persamaan linier.
Penerapan Dan Penyelesaian Sistem Persamaan Non-Linier Menggunakan RStudio
Penerapan penyelesaian sistem persamaan non-linier banyak dijumpai dalam berbagai kasus di bidang lingkungan. Pada bagian ini penulis tidak akan menjelaskan seluruhnya.
Akurasi dan Presisi
Akurasi mengarah pada keakuratan atau ketepatan, yaitu seberapa dekat nilai yang diukur dengan nilai sebenarnya. Akurasi adalah representasi simultan dari akurasi dan kesamaan hasil dengan membandingkan hasil dengan nilai absolut.
Error Numerik
Metode Numerik yaitu teknik untuk pemecahan masalah yang dirumuskan secara matematis yang menggunakan operasi aritmatika, yaitu penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Metode ini digunakan karena banyak masalah matematika yang tidak dapat diselesaikan dengan metode analitik.
Studi Kasus Interpolasi Dan Ekstrapolasi Pada Rstudio
Pada studi kasus kali ini, kita akan membahas teknik mengisi nilai yang hilang pada data runtun waktu. Terdapat banyak teknik untuk yang dapat digunakan untuk mengisi data yang hilang. Salah satu teknik yang dapat digunakan adalah dengan melakukan interpolasi.
UTS KALKULUS
cara menyelesaikan soal latihan
Mengenal Akurasi Dan Presisi Dalam Metode Numerik
Dalam bidang ilmu pengetahuan, industri rekayasa, dan statistik, akurasi[1] dari suatu sistem pengukuran adalah tingkat kedekatan pengukuran kuantitas terhadap nilai yang sebenarnya. Kepresisian dari suatu sistem pengukuran, disebut juga reproduktifitas (bahasa Inggris: reproducibility) atau pengulangan (bahasa Inggris: repeatability), adalah sejauh mana pengulangan pengukuran dalam kondisi yang tidak berubah mendapatkan hasil yang sama.[2] Sebuah sistem pengukuran dapat akurat dan tepat, atau akurat tetapi tidak tepat, atau tepat tetapi tidak akurat atau tidak tepat dan tidak akurat.
Pemrogaman dan Fungsi Menggunakan Rstudio
Loop merupakan kode program yang berulang-ulang. Loop berguna saat kita ingin melakukan sebuah perintah yang perlu dijalankan berulang-ulang seperti melakukan perhitungan maupaun melakukan visualisasi terhadap banyak variabel secara serentak. Hal ini tentu saja membantu kita karena kita tidak perlu menulis sejumlah sintaks yang berulang-ulang.
Penjelasan Decicion Making Pada RStudio
Decicion Making atau sering disebut sebagai if then else statement merupakan bentuk percabagan yang digunakan manakala kita ingin agar program dapat melakukan pengujian terhadap syarat kondisi tertentu. Pada Tabel 4.1 disajikan daftar percabangan yang digunakan pada R.
Pengantar Metode Numerik Pada Rstudio menggunakan Rmarkdown
Metode numerik merupakan teknik penyelesaian permsalahn yang diformulasikan secara matematis dengan menggunakan operasi hitungan (aritmatik) yaitu operasi tambah, kurang, kali, dan bagi. Metode ini digunakan karena banyak permasalahan matematis tidak dapat diselesaikan menggunakan metode analitik. Jikapun terdapat penyelesaiannya secara analitik, proses penyelesaiaannya sering kali cukup rumit dan memakan banyak waktu sehingga tidak efisien.
Cara Menghitung Integral Dengan Metode Rieman
Metode integrasi Newton-Cotes secara umum merupakan metode integrasi yang dilakukan dengan membagi area di bawah kurva suatu fungsi menjadi beberapa panel dengan terlebih dahulu menetapkan batas atas dan batas bawah interval. Integral atau luas area di bawah kurva ditentukan berdasarkan jumlah luas panel yang digunakan untuk mendekati luas area di bawah kurva.
Penerapan Polinomial Menggunakan Metode Secant Pada RStudio
Fungsi root_secant() merupakan fungsi yang penulis buat untuk melakukan iterasi menggunakan metode Secant. Berikut merupakan sintaks dari fungsi tersebut:
Fungsi Aritmetik Pada Rstudio
Aritmatika berasal dari bahasa Yunani atau sering juga disebut dengan ilmu hitung yang merupakan cabang pendahuluan matematika yang mempelajari tentang operasi bilangan dasar matematika. Aritmatika adalah baris bilangan yang mepunyai selisih atau beda di antara dua suku barisan yan berurutan.
Persamaan Non-Linier Serta Contoh Penyelesaiannya Menggunakan Rstudio
Persamaan Non-Linear dapat diartikan sebagai persamaan yang tidak mengandung syarat seperti persamaan linaer, sehingga persamaan non-linaer dapat merupakan: Persamaan yang memiliki pangkat selain satu (misal: x2) Persamaan yang mempunyai produk dua variabel (misal: xy)
Pertidak Samaan Linier Serta Contoh Penyelesaiannya Menggunakan Rstudio
Pertidaksamaan merupakan suatu kalimat terbuka yang memakai tanda <, >, ≤, ≥. Pertidaksamaan linier adalah kalimat terbuka dalam matematika. Ini terdiri dari variabel tingkat 1 dan dihubungkan dengan tanda pertidaksamaan. Bentuk-bentuk Pertidaksamaan Linear
Berbagai Macam Bentuk Operasi Vektor Menggunakan R studio
Vektor merupakan kombinasi berbagai nilai (numerik, karakter, logical, dan sebagainya berdasarkan jenis input data) pada objek yang sma. Pada contoh kasus berikut, pembaca akan memiliki sesuai jenis data input yaituvektor numerik, vector karakter, vektor logical, dll.
Pertidak Samaan Linier Serta Contoh Penyelesaiannya Menggunakan Rstudio
Pertidaksamaan merupakan suatu kalimat terbuka yang memakai tanda <, >, ≤, ≥. Pertidaksamaan linier adalah kalimat terbuka dalam matematika. Ini terdiri dari variabel tingkat 1 dan dihubungkan dengan tanda pertidaksamaan. Bentuk-bentuk Pertidaksamaan Linear
Berbagai macam Tipe dan Struktur Data Di Rstudio
Berbagai macam Tipe dan Struktur Data Di Rstudio
Memasukkan Nilai Kedalam Variabel
Disini kita bisa memasukkan nilai ke dalam variabel menggunakan Rstudio
Penggunaan Operator Logika pada R Menggunakan R Mackdown
Operator Logika adalah operator yang digunakan untuk membandingkan 2 kondisi logika, yaitu logika benar (TRUE) dan logika salah (FALSE). Operator logika sering digunakan untuk kodisi IF, atau untuk keluar dari proses perulangan (looping). Operator logika hanya berlaku pada vektor dengan tipe logical, numeric, atau complex. Semua angka bernilai 1 akan dianggap bernilai logika TRUE. Operator logika yang disediakan R
Penggunaan Operator Relasi Pada Rstudio
Operator ini digunakan untuk membandingkan satu objek dengan objek lainnya. Operator perbandingan ini dapat bernilai TRUE atau FALSE. Operator yang disediakan `R` disajikan pada tabel di bawah ini
Operasi aritmatik
Proses perhitungan akan ditangani oleh fungsi khusus. R akan memahami urutannya secara benar. Kecuali kita secara eksplisit menetapkan yang lain. Sebagai contoh jalankan sintaks berikut